Senin, 15 Oktober 2012

SILSILAH KEDATUAN BATU DENDENG


SILSILAH KEDATUAN BATU DENDENG
silsilah ini diawali dengan kisah Datu (Raja) Sempopo yang belum mengenal hukum agama, khususnya dalam hal perkawinan. Karena ketidaktahuannya terhadap hukum tersebut ia mengawini saudaranya sendiri, neneknya, dll. Sebagai akibat dari perbuatannya itu ia mendapat kutukan yang mahakuasa yakni meluapnya air laut di Pena (daerah yang sekarang menjadi wilayah kecamatan Praya Timur). Luapan air laut tersebut menenggelamkan daerah Sempopo beserta beberapa daerah lainnya seperti pejanggik, bahkan terus kebarat yakni Gunung Tela.
Setelah kejadian tersebut kemudian disusul dengan adanya usaha-usaha dari para penguasa setempat untuk melepaskan diri dari kerajaan. Hal ini mengakibatkan adanya daerah-daerah kekuasaan baru dengan rumpun-rumpun keluarga raja yang baru pula. Sebagai contoh, Raja Kedaro yang dikenal juga dengan nama Panjisari Kedaro pindah ke Tendaun. Ia mempunyai seorang putera bernama Tamenggung Re yang kelak berkuasa di Kentawang. Hal serupa juga dilakukan oleh rumpun-rumpun kedatuan (keluarga raja) yang lain, seperti Harya Lesong anak Demung Batu Dendeng dengan daerah kekuasaannya di Lesong. Dan Masrum yang pindah ke Padamara, Den Jae yang berkuasa di Pujut bersama dengan yang lainnya. Mereka berada dalam serumpun dialek yaitu dialek Bahasa “Hiku Hiyak”. 
Silsilah ini bertutur pula tentang masuknya Bangsa Jawa yang mengalahkan penduduk pribumi. Beberapa penduduk di antara penduduk pribumi yang kalah ditawan ke Jawa, yakni di Kerajaan Busingcili. Akan tetapi nakhoda Lewin dari tanah Pesisir yang beristri seorang Bangsawan Sasak dari keluarga Batu Dendeng telah berhasil menyelamatkan mereka.
Pada bagian tutur mengenai Kuripan disebutkan tentang adanya seseorang yang sakti bernama Ki Rangga yang telah membuat heboh di Kuripan. Ki Rangga yang sangat sakti ini tidak dapat ditaklukkan meskipun dengan bantuan pujangga Pejanggik. Namun pada akhirnya Ki Rangga dapat dikalahkan oleh seorang pemuda bernama Hama Kuwi. Ki Rangga masih dapat melarikan diri ke Tabuak. Baru di Tabuak inilah Ki Rangga dapat benar-benar dikalahkan oleh dua orang jagoan dari Batu Dendeng bernama Neq Dipati dan Arya Pati. Sekarang di Tabuak terdapat sebuah Bukit bernama Bukit Tirangga yang kemungkinan besar berasal dari nama Ki Rangga dalam kisah tersebut.

21 komentar:

  1. ass,,,Harya Lesong anak Demung Batu Dendeng dengan daerah kekuasaannya di Lesong. Dan Masrum yang pindah ke Padamara, Den Jae yang berkuasa di Pujut bersama dengan yang lainnya. Mereka berada dalam serumpun dialek yaitu dialek Bahasa “Hiku Hiyak”. SUMBER ANDA DARI MANA KALAU YANG PINDAH KE PADAMARA ADALAH DEN MASRUM ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye aran cerita ngawak aran iku sanak karena ceritanya tidak bersumber. Itu cerita dongeng untuk anak2 sebelum tidur tapi malah di publikasikan.

      Hapus
  2. sangat menarik ulasannya. jika ada koreksi sejarah dari para sesepuh adat/ahli sejarah yang lain mohon juga diberikan ulasan jangan cuma mengkritisi tanpa ada penjelasan alasannya. buat admin tetep semangat untuk menulis sejarah lombok

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Iye aran cerita ngawak aran mun nulis iku sanak,, ye cerita isiqn ndede kanak tedem ye mun publikasikan isiq dengan iku.

      Hapus
  4. Hohohohoooo.!!!
    Harus bersumber yang jelas.!!!
    Tolen dgn ndek naon kene pokokn sak nulis.

    BalasHapus
  5. Hohohohoooo.!!!
    Harus bersumber yang jelas.!!!
    Tolen dgn ndek naon kene pokokn sak nulis.

    BalasHapus
  6. Pelinggihm mento lalu mahdiatmayadi dan lalu vino mana versi kalian biar tdk hanya bilang penulis tidak naon kene dan versinya salah...

    BalasHapus
  7. https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/keliru-kebiasaan-makan-buah-seperti-ini.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/kasihan-pada-orang-tua-bocah-pengidap.html
    https://kokonatsutrrrrrrrrrrrrr.blogspot.co.id/2017/12/waspada-5-makanan-ini-justru-bikin.html

    Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus
  8. Memang banyak versi sejarah lombok, tapi tergantung kita sendiri bagaimana bisa menjadikannya satu

    BalasHapus
  9. Memang banyak versi sejarah lombok, tapi tergantung kita sendiri bagaimana bisa menjadikannya satu

    BalasHapus
  10. luek lalok cerita lek lobok ne tapi ndarak bukti contoh kodek doang mbe istana datu ato raja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buktinya sangatlah banyak bunda,, tapi terbengkalai karena tidak di urus oleh Pemerintah setempat. Banyak puing2 bekas kerajaan dan juga bukti2 peninggalan kerajaan yg masih utuh sampai sekarang. Bagaimana bunda bisa tau kalau tidak mencari tau.

      Hapus
    2. Kayaknya mbaq Ratnah belum pernah baca sejarah Lombok

      Hapus
  11. Ini cerita yg sangatlah tidak jelas, anda jangan mengarang cerita nanti pihak yg terkait bisa keberatan. Sumber anda dari mana?

    BalasHapus
  12. Kndeq comen lmun ndeq nyadu,,,
    Diam dait mneng ngere mton

    BalasHapus
  13. Sumbernya ini silsilah batu dendeng.. cuma belum selese diceritakan

    BalasHapus
  14. Pada zaman bedahulu setelah kalah perang,raja pejanggik mwmiliki 2 putera,adikx tinggal d pejanggik,sementara kakakx raden mustianom mengembara layakx kwturunan raja2 dahulu..setelah mengembara sampailah d wilayah desa jerok namax,,sewaktu masbagik perang dg belanda tetua maabagik minta bantuan k jerok kepada raden mustianom,,,dan bersdia membantu..alhamdulillah pada waktu itu menang melawan belanda..sebagai rasa trimakah masy masbagik mengahadiahi sebagian wilayah desa dan malang kepada raden mustianom...maka raden mustianom pindah k perempatan padamara yg sekarang,semua masyarakat d luar padamara dtg diberi tanah,,makax bernama pademare...yang asli keturunan pejanggik adalah d pedaleman padamara,sehingga waktu raja bali berkuasa masyakat yang d pedaleman pademare d pertuan agung.masyarakat d luar pedaleman padamara bisa jd adalah keturunan masrum..karena d dalam becangah pedaleman padamara selain silsilah pedaleman pademare,terdapat juga silsilah keturunan orang2 pademare d luar pedaleman..darimana asal keturunanx dan sebagaix,terdapat dalam bacangah

    BalasHapus
  15. Dari setting waktunya, kira2 Kerajaan Busingcili itu terletak di Jawa bagian mana, Bung? Sedangkan dalam sejarah yang diakui oleh kesultanan Yogyakarta, sesuai setting waktunya, masa Sile Dendeng bertepatan dengan masa keruntuhan Majapahit. Mari kita berdiskusi jikalau saya salah.

    BalasHapus