Rabu, 17 Oktober 2012

PERLAWANAN KEDIRI TERHADAP KERAJAAN KARENGASAM


PERLAWANAN  KEDIRI  TERHADAP  KERAJAAN  KARENGASAM (SINGASARI/CAKRANEGARA)
Kesewenang-wenangan Singasari telah memancing amarahKediri, sehingga secara diam-diam Kediri menyusun kekuatan dan mempengaruhi Rincung Lilin, Penujak, Sakra, jerowaru, dan Kopang. Rencana pemberontakan ini dibocorkan oleh I Raspa. IRaspa adalah voorang kawula Kediri sebagai pemegang gadai sawah Gde Banawi dari kaula Singasari. Pada 1804 M Singasari mengirim ekspedisi ke Kediri.Rakyat Kediri yang tidak mau berperang pindah ke Pasengan. Kediri mendapat serangan arah utara, selatan, dan barat. Pasukan Kediri dipimpin oleh Sura Tresna dan Walamuka. sedangkan pasukan Singasari di bawah pimpinan Wiryalunglungan dan Purusa Pakasutan. Pasukan Singasari terdesak mundur sampai ke sungai Babak tetapi setelah datangnya balabantuan dari Mataram,  Pagesangan dan Pagutan. Akhirnya Kediri dapat dikalahkan. SetelahKediri habis terbakar, Sura Tresna muncul dari utara dan mengangkat senjata. la rela mati demi membela kehormatan dan kemerdekaan negerinya.

1 komentar:

  1. asslmkm.. saya tertarik mengkaji lebih dalam tentang pemaparan semeton mengenai sejarah pemberontakan kediri karna saya orang kediri, oya apa yang semeton paparkan kok beda dgn cerita dari kakeq saya. mengenai perjuangan waraga kediri, karna pada waktu itu saudar2 ayah, baloq saya banyak yg gugur ketika terjadi peprangan. kalo bleh saya mau nimba pencerahan mengenai sejarah kediri ke side semeton

    BalasHapus